Escape Hunt Jakarta

Suasananya menegangkan, dengan cahaya lampu yang sengaja dibuat remang-remang. Setelah briefing, kami dikunci dalam sebuah ruangan. Sekarang kami harus memecahkan kasus pembunuhan di kamar tidur dan mencari jalan keluar. Inilah pengalaman menarik kami bermain di “Escape Hunt Jakarta”!

Escape Hunt Jakarta
Escape Hunt Jakarta

“Ada yang mau cobain ini?”

http://jakarta.escapehunt.com/”, ajak Nick di grup WhatsApp kami. Setelah diskusi, akhirnya kami memesan untuk hari Sabtu tanggal 23 Agustus 2014. Karena kita ber-4, maka total biayanya adalah USD84 atau USD21 per orang.

Ketika akhirnya kami sampai di lokasi, langsung terlihat dekorasi ruangannya kental dengan tema detektif: tongkat, kaca pembesar, topi, dan pipa rokok.

Aksesoris Escape Hunt
Aksesoris Escape Hunt

Setiap regu nantinya akan ditemani oleh seorang Game Master, GM ini yang nantinya akan membantu kita jika kesulitan. Awalnya juga GM akan briefing aturan permainan, meminta setiap regu untuk menunjuk salah seorang untuk jadi pemimpin. Kami menunjuk Nick, dan Nick sang pemimpin pun diolesi minyak di dahi yang katanya supaya menjadi bijak dan bisa menyelesaikan kasus yang ada.

Sebelum memasuki ruangan, dompet dan handphone kita disimpan terlebih dahulu di locker yang telah disediakan. “Kunci locker-nya jangan sampai hilang ya, kita ga punya cadangannya”, kata GM memperingatkan. Kita memasuki ruangan, dan GM memberikan aturan lanjutan seperti perabotan berat (lemari, tempat tidur, meja) tidak boleh digeser karena clue yang ada letaknya di tempat yang mudah terjangkau.

Durasi permainan kurang lebih selama satu jam, dan ketika timer di dalam ruangan dinyalakan kami pun langsung sibuk mencari petunjuk yang ada. Mulai dari membuka-buka laci dan lemari, membaca kasus, menengok di bawah ranjang, meneliti setiap sudut ruangan yang ada. Kamar yang disediakan terasa gelap, tapi kegelapan tidak menghalangi kita untuk mencari petunjuk!

Akhirnya, GM pun datang bertanya: “pada suka gelap-gelapan ya?”. “Nggak”, jawab kita serempak. “Kalau gelap, apa yang dilakuin?”. Barulah kita sadar kalau ada saklar lampu yang belum kita nyalakan. Ctek! Lampu pun menyala, dan kita pun malu sama GM. Setelah tertawa secukupnya, kami melanjutkan mencari petunjuk karena berkejaran dengan waktu.

Tujuan akhir permainan ini adalah menemukan kunci untuk membuka pintu, tapi sepanjang permainan kita harus menemukan kode untuk membuka kunci-kunci laci, lemari, dan lain-lain. Jadi, misalnya kita menemukan kode 1234 untuk membuka laci, dari laci kita mendapatkan lagi kunci atau clue untuk membuka lemari, dari lemari barulah kita menemukan kunci atau clue terakhir untuk membuka pintu.

Tentu saja selama permainan tersebut ada cerita yang menghubungkan dari satu petunjuk ke petunjuk lainnya, menarik! Beberapa kali kami kesulitan dan GM pun langsung memasuki ruangan tanpa diminta, GM memberikan penjelasan lebih lanjut kalau clue yang sudah dipecahkan tidak akan berguna untuk teka-teki berikutnya jadi tidak perlu repot buang-buang waktu lagi.

Saya pribadi tidak menyangka ternyata ruangannya cukup besar, cara menemukan clue yang kreatif, dan penjumlahan-perkalian sehingga harus menggunakan papan tulis yang telah tersedia. Waktu tersisa +/- 1 menit saat kita berhasil menemukan kunci untuk pintu keluar, GM pun memuji karena kita tidak pernah meminta bantuan.

Entah memuji atau menyindir, entah keras kepala atau apa tapi memang kita tidak pernah meminta bantuan GM. GM-nya saja yang mungkin kasihan datang membantu kita, haha. Sehabis permainan, kami dipersilahkan menikmati teh dan berfoto-foto. Overall, saya sangat senang dengan permainan ini dan sangat mungkin nantinya mencoba kasus yang lain. Unforgettable experience!

IMG-20140824-WA0002 IMG-20140824-WA0006 IMG-20140824-WA0009 IMG-20140824-WA0013 IMG-20140824-WA0014 IMG-20140824-WA0015

Advertisements

Feel free to comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s