Tokyo (Part 2: Disneyland & Disneysea) [2015.04.02-2015.04.03]

KAMIS, 2 APRIL 2015

Tujuan hari ini adalah Disneyland! Tiket sudah dibeli online dan sudah dicetak juga, tiket dibeli seharga 11,000 (sebelas ribu) yen untuk 2 hari yakni Disneyland dan Disneysea. Sekitar pukul 9 kami sampai di JR Maihama Station, kurang lebih 1 jam perjalanan dari Asakusa. Tiketnya setelah dicetak bisa dilipat yang penting QR Code-nya bisa di-scan.

Cuaca hari ini cerah! Memasuki area Disneyland tas diperiksa tapi sepertinya lebih ke pemeriksaan barang berbahaya bukan makanan atau minuman. Hari ini adalah hari pertama event Paskah, dekorasi yang ada pun sudah mengikuti tema Easter. Telur paskah, kelinci, dan bunga-bunga warna-warni sehingga cantik.

Sambil jalan masuk, sambil foto-foto. Langsung ambil jadwal acara dan menyusun rencana untuk hari ini. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil lotre agar bisa mendapatkan tempat duduk di tengah (Central Viewing Area) ketika show puncak “Once Upon a Time” berlangsung. Sayangnya kami tidak menang undian tersebut sehingga terpaksa harus menonton dari sisi sebelah kiri atau kanan.

Akhirnya kami lanjut mengantri saja untuk show yang pertama: “One Man’s Dream”! Show ini menceritakan tentang impian Walt Disney yang menciptakan film dan para tokoh yang dicintai orang-orang. Show musical ini sangat berwarna dan menampilkan banyak tokoh Disney mulai dari Mickey Mouse, Donald Duck, Pluto, Pinocchio, Snow White, Chip and Dale, dan sebagainya.

Sehabis nonton kita lanjut makan siang dulu. Kami memesan “Cheese Set” seharga 1,010 (seribu sepuluh) yen, “Chicken Nugget” seharga 330 (tiga ratus tiga puluh) yen, dan “Corn Soup” seharga 250 (dua ratus lima puluh) yen. Oh yah, tadi ketika mengantri “One Man’s Dream”, Agnes membeli popcorn rasa curry dengan tempatnya sebagai souvenir berbentuk “Potato Head” dari “Toy Story” seharga 2,100 (dua ribu seratus) yen.

Selesai makan siang kami memilih tempat untuk melihat parade “Happines Is Here”. Parade ini dipersembahkan oleh NTT DOCOMO. Parade ini hanya dilakukan sehari sekali pada pukul 2 siang, dan untuk bulan April ini hanya diadakan tanggal 1-5. Jadi ya, kami sangat beruntung bisa menyaksikannya. Seusai parade kami hanya berkeliling dan berfoto, terutama Cinderella Castle dan bunga tulip yang cantik sambil menunggu pukul 16:45 untuk melihat parade selanjutnya: “Hippity-Hoppity Springtime”!

Para tokoh Disney bergabung dengan kelinci-kelinci Paskah dalam parade ini untuk merayakan Masa Paskah. Sehabis parade kami berkeliling ke toko-toko untuk melihat dan membeli souvenir jika ada yang menarik, saya sendiri membeli CD lagu “Hippity-Hoppity Springtime” yang menjadi soundtrack parade special event tadi.

Sambil menunggu parade yang terakhir “Tokyo Disneyland Electrical Parade Dreamlights” pada pukul 19:30, saya membeli popcorn rasa asin dengan tempatnya sebagai souvenir berbentuk Donald Bebek seharga 1,850 (seribu delapan ratus lima puluh) yen. Parade malam ini dihiasi oleh lampu-lampu dan musik-musik indah khas Disney.

Seusai parade kami langsung buru-buru ke kastil Disney untuk menyaksikan show utama “Happiness on High” pada pukul 20:30, keseluruhan peristiwa bahagia pada hari ini diekspresikan melalui kembang api yang spektakuler. Langsung dilanjutkan dengan show selanjutnya “Once Upon a Time”, dimana Cinderella Castle akan diubah menjadi “kisah hidup” dari berbagai cerita Disney terutama menikmati dunia Frozendalam versi special pada show malam ini.

Sebelum pulang kami menyempatkan diri bermain di area “Tomorrowland”. Kami bermain “Monster, Inc. Ride & Go Seek!” dengan menggunakan FASTPASS. FASTPASS adalah system di Tokyo Disneyland (dan Disneysea) dimana kita bisa memindai (scan) QRCode yang ada di tiket kita untuk bisa mendapatkan “tiket cepat”, tetapi setelah kita scan 1 permainan, akan ada tenggang waktu 1-2 jam sampai kita bisa melakukan scan lagi.

Jadi sistemnya setelah kita scan, mesin scanner akan memberitahu kapan jadwal masuknya kita. Misalnya kita scan jam 1 dan mendapatkan jadwal masuk jam 4, jadi selama kurang lebih 3 jam itu kita bisa berkeliling dan tidak perlu mengantri di wahana tersebut. Tidak semua wahana tersedia FASTPASS, hanya wahana-wahana tertentu saja.

Dalam permainan “Monster, Inc. Ride & Go Seek!” ini kita dibawa menggunakan kereta dan ada monster-monster dari Monster Inc yang bisa kita sinari dengan senter untuk membuat mereka keluar dari tempat persembunyiannya. Permainan yang cocok untuk kalangan semua umur apalagi bagi keluarga yang membawa anak kecil pasti sangat senang memainkannya.

Meskipun kami bermain entah sudah shift terakhir atau 2 shift terakhir, tetapi para petugas masih tetap menyambut dengan senyum lebar. Sungguh luar biasa memang customer oriented di Jepang ini, tidak terlihat raut capek di wajah mereka. Kita yang datang bermain pun menjadi senang dan ingin kembali lagi rasanya.

Selesai sudah hari kami di “Tokyo Disneyland”, lelah tetapi menyenangkan. Letih tetapi penuh cerita, masih ingin mampir ke toko-toko untuk membeli souvenir tetapi ingat juga masih ada besok di Disneysea dan kami belum makan malam juga padahal jam sudah menunjukkan pukul 21:30. Akhirnya kami pulang dan makan malam di dekat hostel sudah sekitar pukul 23:49, saya memesan ramen seharga 500 (lima ratus) yen.

JUMAT, 3 APRIL 2015

Hari ini kita ke Disneysea, yeay!! Setelah mengalami keseruan di Disneyland, kami sudah berharap banyak untuk hari ini. Disneysea hanya ada satu-satunya di dunia, dengan kebanyakan show air, tentu saja saya sudah sangat excited untuk hari ini. Tetapi ternyata takdir berkata lain, hari ini mendung dan sangat berangin seperti mau hujan.

Dari masih di dalam kereta menuju Disney Resort kami sudah mulai curiga, “kenapa hari ini terasa lebih sepi dibanding kemarin? Padahal kami berangkat lebih siang”. Kami masih mencoba berpikir positif, “ah mungkin karena Disneysea lebih dikhususkan untuk remaja bukan anak-anak sehingga lebih sepi”. Sampai akhirnya kami tahu, mungkin penduduk di sini sangat memperhatikan perkiraan cuaca sehingga jika diramalkan hujan maka mereka akan membawa payung dan sebisa mungkin tidak berada di luar gedung.

Selagi dalam perjalanan masuk seperti biasa kami sempatkan dulu berfoto-foto, tidak lupa tentu saja di bola dunia yang menjadi ikon Disneysea. Dekorasi Paskah juga sudah terlihat, ada telur bergambar para karakter Disney. Warna-warni cantik menghiasi tempat ini tapi sayangnya karena cuaca yang mendung jadi tidak terlalu terasa ‘ceria’.

Kami sampai sudah sekitar pukul 11:00 dimana show pertama “Fashionable Easter” yang diadakan pada pukul 10:30 di “Mediterranean Harbour” sudah terlewat, kami masih santai-santai saja “toh ada jadwal selanjutnya”. Untuk menghibur diri kami berfoto-foto di sini yang didesain mirip Venice. Akhirnya kami lanjut mengantri di “Broadway Music Theatre” untuk melihat show indoor “Big Band Beat”.

Selagi mengantri, kami bergantian jaga. Saya sendiri membeli popcorn dengan rasa jalapeno, menurut saya ini rasa terenak karena lumayan berasa pedasnya. Kami hanya membeli popcorn saja tanpa tempat souvenir lagi karena ternyata bentuk-bentuknya sama dengan yang ada di Disneyland, padahal kami sudah berharap di Disneysea akan lebih unik-unik.

Akhirnya sudah waktunya masuk untuk menyaksikan show indoor yang dipersembahkan oleh “Japan Airlines” ini. Pertunjukkan yang mempesona dengan nyanyi dan tarian secara langsung oleh karakter-karakter Disney membuat saya merasa sedang menyaksikan show di “Broadway”, meskipun jelas saya belum pernah ke “Broadway”.

Seusai menonton show tersebut kami makan siang dulu di western restaurant yang hanya menyajikan burger dan sandwhich. Lupa harga makanan, nama menu, dan nama restorannya. Sandwhich dan burger terasa hambar, untung kami membawa sambal sachetan jadi masih bisa menambah selera makan.

Sehabis mengisi perut yang kelaparan karena cuaca yang dingin dan mendung, kami berjalan menuju ke “Mediterranean Harbour” untuk menanti jadwal selanjutnya dari show “Fashionable Easter” pada pukul 14:30. Ternyata oh ternyata angin makin kencang dan pengumuman yang menyedihkan pun berkumandang, “due to the windy weather, the Fashionable Easter show is canceled. We are sorry and thank you for your cooperation”

Kecewa, kami melanjutkan saja foto-foto sambil tetap berharap show-show outdoor berikutnya masih bisa tetap berlangsung. Kami mengambil FASTPASS untuk pertunjukkan “The Magic Lamp Theater” di area “Arabian Coast”. Antrinya cukup lama juga meskipun sudah mengambil FASTPASS, mungkin karena masih sore. Pertunjukkannya sendiri lumayan bagus, dan karena tidak terlalu menyeramkan jadi cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Sudah malam dan malah hujan rintik-rintik, sudah dapat dipastikan show outdoor canceled. Kemudian kami mengambil FASTPASS untuk “20,000 Leagues Under the Sea“, dan sambil menunggu kami mengantri “Journey to the Center of the Earth” yang sama-sama berada di area “Mysterious Island”. Setelah mengantri agak lama dan melihat antrian masih panjang, sepertinya tidak akan keburu untuk “20,000 League Under the Sea” jadi kami memutuskan keluar dari antrian “Journey to the Center of the Earth” dan tetap ke 20,000 League Under the Sea.

Selesai dari “20,000 League Under the Sea” antrian Journey to the Center of the Earth sudah mulai berkurang sehingga kami mencoba mengantri lagi di situ. Ternyata setelah antrian kami harus masuk lift dan dibawa turun ke bawah, di dalam lift-nya sudah mulai terasa suasana menegangkan, lift-nya dibuat seolah-olah mau jatuh dan dalam keadaan emergency.

Setelah keluar lift sudah kelihatan bentuk keretanya, setiap kereta bisa untuk 6 orang, 2 orang di baris depan, 2 orang di baris tengah, dan 2 orang di baris belakang. Saling tolak-tolakan siapa yang mau di depan, akhirnya diputuskan Ferry dan Nick di bagian depan, Lina dan Wandi di bagian tengah, Agnes dan Hendro di bagian belakang.

Keretanya mempunyai atap, dan jika membawa barang bisa diletakkan di dalam kereta. “Berarti wahananya tidak terlalu menyeramkan”, kataku seraya mencoba menenangkan diri. Kereta pun berjalan. Awal-awal masih dengan kecepatan santai dan bisa melihat dekorasi di kiri-kanan. Kemudian melewati terowongan yang gelap. Kereta pun berhenti.

Sepertinya menunggu kereta depan biar ada jarak aman. Saya mulai menggenggam erat-erat pegangan di dalam kereta. Eh tiba-tiba keretanya pun melaju dengan kecepatan yang kencang. Dengan kecepatan tinggi keretanya mengikut track yang naik dan kemudian turun dengan sangat tidak santai seperti terbang. Serunya ketika kita sampai di titik puncak bisa melihat pemandangan Disneysea dengan jelas. Tetapi memang bagi yang takut kecepatan dan ketinggian tentunya akan terasa menyeramkan.

Seusai bermain kami pulang karena perut juga sudah mulai lapar dan melilit. Kita makan malam di warung makan yang buka sampai larut malam di dekat hostel. Banyak karyawan yang lembur pulang malam makan di sini. Karena perut saya sakit jadi ke toilet dulu untuk buang air besar. Toiletnya banyak tombol jadi betah untuk berlama-lama.

Jalur kiri bagi yang ‘nyantai’, jalur kanan untuk mendahului.

Lagi asik ‘nyetor’ tiba-tiba pintunya diketok. Ketika keluar dari toilet sepertinya saya diketawain sama para pekerja yang makan di situ. Mungkin “ini turis pupnya lama banget! hahahaha” sambil lihat-lihat saya trus ketawa. Selesai makan kita balik hostel, mandi, menyusun rencana untuk hari esok, dan beristirahat.