100 Doraemon Secret Gadgets Expo

Sebagai anak yang besar pada tahun 1990-an, tentu tidak asing lagi dengan Doraemon. Robot kucing berwarna biru dari masa depan ini bisa dibilang sangat berpengaruh, paling tidak dalam hidup saya. Banyak alat-alat dan petualangan Doraemon-Nobita membuat saya bersemangat, berandai-andai jika hal di dalam komik tersebut bisa menjadi kenyataan.

100 Doraemon Secret Gadgets Expo
100 Doraemon Secret Gadgets Expo

Sampai sekarang pun rasanya saya masih cinta dan gemas terhadap Doraemon, jika ada aksesoris bertemakan Doraemon pasti diusahakan untuk memilikinya. Nah, kebetulan sejak Desember 2014 sampai Maret 2015 di Ancol Beach City Mall sedang diadakan expo alat-alat ajaib Doraemon yang melegenda.

welcome
welcome

Sebagai penggemar Doraemon, tentu saja kesempatan ini tidak dilewatkan. Harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah 90ribu, dan anak-anak 55ribu. Harga tersebut belum termasuk pajak, tapi karena kami membeli tiketnya ketika masih soft opening, maka kami mendapatkan diskon sebesar 20%.

tickets
tickets

Di luar area expo, ada beberapa booth permainan (ada yang sudah beroperasi, ada yang belum). Di sini juga menjual merchandise Doraemon seperti gelas, bantal, helm, cemilan, kacamata, dan lainnya.

yellow doraemon
yellow doraemon

Begitu memasuki area expo, kita langsung disuguhkan sejarah Doraemon. Bagaimana awalnya Doraemon terlahir memiliki telinga dan berwarna kuning, kemudian telinganya digigit tikus, ditertawakan pacarnya Doraemon (Noramiyako namanya kalau tidak salah), sampai akhirnya Doraemon sangat sedih sehingga dia memutuskan untuk meminum ramuan ‘kebahagiaan’, tapi ternyata Doraemon malah meminum ‘kesedihan’ sehingga dia menangis terus-terusan sampai cat kuningnya luntur menjadi biru dan suaranya serak.

teliinga digigit tikus
teliinga digigit tikus

Setelah melewati sejarah Doraemon, kita memasuki ruang mesin waktu. Di sini hanya 1 ruangan dengan diorama Doraemon dan mesin waktunya, ruangannya agak gelap sehingga tidak begitu bagus ketika difoto. Lewat ruang mesin waktu, di sinilah ruang utama dari expo ini: 100 diorama Doraemon dengan alat-alat ajaibnya, beberapa disertai dengan penjelasan.

sad dora
sad dora

Saya sih tidak menghitung dengan pasti apakah benar jumlahnya 100, tapi memang cukup banyak koq. Setelah puas dengan diorama Doraemon dengan alat-alatnya, bagian berikutnya adalah ruangan yang ditata bak resepsi pernikahan: wedding cake, tempat duduk tamu, dan panggung tempat pengantin pria dan wanita berdiri berdampingan. It’s the wedding of Nobita and Shizuka!!!

doraemons
doraemons
wedding cake
wedding cake

Setelah melewati area pernikahan, terlihat ada antrian. Ternyata antrian untuk berfoto di kamar Doraemon, beserta Doraemon dan Nobita tentunya. Nanti akan ada crew yang akan memotret kita, hasilnya jika mau bisa kita cetak seharga 80ribu rupiah.

Nobi-Shizu
Nobi-Shizu
Nobi's Room
Nobi’s Room

Selain kamar Nobita, ada juga set Nobita dengan neneknya. Berikutnya ada set ruang makan Keluarga Nobi, dan ruang tamu yang menampilkan teman-teman Nobita: Shizuka, Giant, dan Suneo. Hanya set Kamar Nobita dan Nobita bersama Nenek yang ada antrian dan crew untuk memotret, selain itu seperti biasa rebutan untuk memotret sendiri.

 

Nobi Family
Nobi Family

Hampir sampai di penghujung expo, disediakan lagi alat-alat Doraemon yang terkenal beserta penjelasannya, kali ini dengan replika alatnya sehingga kita bisa bergaya dan berfoto. Ada baling-baling bambu, meriam angin, payung cinta, lobang pengintip, pintu ke mana saja, senter pengecil, senter pembesar.

Mata Air Tukang Kayu
Mata Air Tukang Kayu

Sebelum keluar dari ruangan expo, adalah tempat untuk berbelanja merchandise. Di sini juga ada kasir untuk membayar jika kita ingin foto tadi dicetak. Barang-barang yang dijual di dalam expo ini berbeda dengan merchandise Doraemon ketika sebelum memasuki area expo, jadi pastikan untuk membeli barang di sini jika ada yang menarik.

Shizuka
Shizuka

1-2 jam tidak terasa kami habiskan di area expo tersebut, dan saya sangat puas. Serasa balik lagi ke masa kecil, Doraemon dengan kecanggihan alat-alatnya terasa lebih nyata. Saya benar-benar senang, jika ada kesempatan lagi saya masih ingin ke sana lagi. Melihat diorama Doraemon dengan berbagai ekspresinya, dan ekspresi pengunjung yang begitu ceria.

Jaiko
Jaiko
Advertisements

Feel free to comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s